Tips Tepat Mengatasi Cedera Saat Olahraga

Tips Tepat Mengatasi Cedera Saat Olahraga

Tips Tepat Mengatasi Cedera Saat Olahraga! Lebih baik mencegah daripada mengobati merupakan pepatah yang paling sulit untuk dilakukan oleh khalayak umum. Hal ini dapat kalian buktikan melalui diri kalian sendiri. Kalian tidak akan mau repot-repot melakukan berbagai hal pencegahan sebelum mengerjakan sesuatu sampai akhirnya kalian diliputi rasa menyesal. Yup, menyesal karena tidak melakukan aksi pencegahan terlebih dahulu.

Hal yang sama terjadi pada kalian yang berolahraga. Tentu saja, kalian tidak akan melakukan pemanasan dengan baik hingga akhirnya kalian menyesal tidak melakukan hal ini saat kalian mengalami cedera. Menurut kami, hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, akan jauh lebih baik bila kalian tidak mengulangi hal tersebut dan melakukan pemanasan serta pendinginan dengan baik.

Lalu, apa yang harus kalian lakukan bila kalian terluka saat sedang olahraga di rumah? Tenang saja, meskipun tidak semua dari kalian mengetahui dengan benar perawatan yang tepat, artikel yang satu ini akan membantu kalian memecahkan persoalan tersebut. Kami berikan nilai seratus untuk kalian yang menebak bahwa artikel yang satu ini akan menjelaskan kepada kalian tentang cara mengatasi cedera saat olahraga yang tepat.

Dalam olahraga mengalami cedera meskipun telah melakukan pemanasan bukanlah hal yang aneh. Olahraga memang penuh resiko dan menantang. Namun, hal ini tidak harus membuat kalian menyerah sebaliknya kalian harus lebih ahli menangani kasus cedera yang mungkin akan menimpa kalian. Nah, berikut hal yang dapat kalian lakukan saat mengalami cedera. Tetap disimak ya, guys!

Cara Mengatasi Cedera Saat Olahraga

Rest

Istirahatkan bagian tubuh kalian yang cedera merupakan bagian dari cara mengatasi cedera saat olahraga. Mengistirahatkan bagian yang satu ini kalian lakukan bukan tanpa alasan. Kalian melakukan hal yang satu ini agar bagian yang terluka tidak bertambah parah. Sebab, memaksakan kondisi tubuh kalian yang tidak prima akan berakibat fatal. Jadi, istirahatlah sejenak, ya!

Ice

Kalian dapat mencegah pembengkakan yang akan terjadi pada cedera kalian dengan melakukan metode yang satu ini. Benar, metode ice meminta kalian untuk mengompres bagian yang terluka dengan air dingin. Hal ini kalian lakukan untuk menghilangkan rasa panas dan meredakan pembengkakan. Lakukan hal yang satu ini selama dua puluh menit dalam kurun waktu empat kali sehari.

Compressing

Setelah melakukan dua metode sebelumnya, kini cara mengatasi cedera saat olahraga akan mengajak kalian untuk membalut luka kalian. Hal ini kalian lakukan agar luka atau cedera kalian tidak mengalami hal yang tidak diinginkan selama masa pemulihan. Pembalutan yang satu ini juga efektif untuk mencegah terjadi pembengkakan pada cedera kalian.

Elevation

Bagian yang mengalami cedera mengartikan bagian tersebut tidak mengalirkan peredaran darah dengan benar. Maka, hal yang harus kalian lakukan untuk mengalirkan kembali peredaran darah kalian adalah menaikkan posisi yang cedera. Benar, kalian dapat menaikkan posisi tubuh yang cedera hingga lebih tinggi dari posisi tubuh kalian. Lakukan hal ini sembari tiduran agar lebih mudah ya, guys!

Nah, metode di atas dalam dunia olahraga lebih dikenal dengan RICE. Metode yang satu ini merupakan cara mengatasi cedera saat olahraga yang tepat untuk kalian terapkan. Metode ini dapat kalian lakukan pada cedera kecil. Hal ini mengartikan bila ada cedera besar pada bagian tubuh kalian akan lebih baik kalian mengunjungi dokter yang ahli pada bidang ini untuk mengatasi hal tersebut ya, guys!

Baca Juga: http://rayasymanchas.com/mengulik-manfaat-olahraga-bagi-ibu-hamil-yang-tak-banyak-disadari/