Penanganan risiko diabetes melitus tipe 1 pada ibu hamil

Penanganan risiko diabetes melitus tipe 1 pada ibu hamil harus dilakukan dengan intensif. Ibu hamil yang menderita penyakit diabetes tersebut harus selalu memeriksakan kadar gulanya agar tetap stabil. Dan harus terus melakukan pengobatan secara rutin. Penyakit diabetes ini sangat mempengaruhi pada saat kehamilan. Jika tidak melakukan pengobatan yang rutin risiko ini dapat menyebabkan keguguran ataupun dapat mengakibatkan bayi yang didalam kandungan mengalami prematur.

diabetes melitus tipe 1
diabetes melitus tipe 1

Baca juga artikel lain di : http://rayasymanchas.com/

Oleh karena itu, penanganan diabetes pada saat kondisi hamil harus dilakukan dengan tepat. Agar ibu hamil tidak mengalami berbagai komplikasi yang akan mengakibatkan masalah serius pada kehamilan. Pada saat hamil metabolisme pada tubuh akan mengalami perubahan. Ibu hamil yang tidak menjaga kadar gula agar tetap seimbang, mengakibatkan akan mengalami gangguan dalam persalinan. Kondisi tersebut membuat ibu hamil tidak bisa melahirkan dengan normal.

Seseorang yang mempunya penyakit diabetes melitus tipe 1 pada saat hamil, juga berisiko pada bayi. Kemungkinan besar bayi juga akan mengidap penyakit yang sama. Pada dasarnya penyakit diabetes tersebut adalah penyakit yang salah satu faktornya dari keturunan. Jadi tak heran jika diabetes tipe 1 ini banyak di jumpai pada kalangan anak-anak. Penanganan diabetes pada ibu hamil dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pemeriksaan gula darah secara rutin

Ibu hamil yang mengidap penyakit diabetes melitus harus selalu melakukan pemeriksaan gula darah atau glukosa secara rutin. Dikarenakan apabila pada saat hamil gula darah tiba-tiba saja tinggi, hal itu dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang akan terjadi. Apabila gula darah meningkat dipastikan tubuh seseorang yang sedang hamil akan mengalami kesakitan Seperti berupa kram perut. Hal itu harus segera ditangani sebelum terlambat.

Mengontrol berat badan

Pada saat hamil sudah pasti berat badan akan naik. Jika ibu hamil yang mengidap diabetes melitus tipe 1 tidak dapat mengontrol berat badan risiko kambuhnya penyakit diabetes akan lebih besar. Berat badan yang tidak di jaga juga akan dapat menyebabkan komplikasi pada saat kehamilan. Ibu hamil juga perlu melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berenang, dan jika perlu mengikuti kelas senam ibu hamil. Agar pada saat melahirkan normal juga mudah.

Melakukan diet

Melakukan diet pada ibu hamil yang menderita diabetes melitus juga sangat membantu agar berat badan tetap terjaga. Diet yang di lakukan berupa pengurangan mengonsumsi makananyang mengandung gula tinggi. Biasanya ibu hamil sering suka makanan yang manis. Dan perlu juga mengontrol asupap karbohidrat dan jika bisa jangan terlalu banyak mengonsumsi nasi. Nasi tersebut juga mengandung gula yang sangat tinggi.

Itulah berbagai penangan yang dapat di lakukan bagi penderita diabetes melitus tipe 1 pada saat hamil. Jangan pernah takut untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter. Apabila kalian ingin anak yang di kandung sehat maka sering seringlah meminta saran kepada dokter bagaimana baiknya. Dan juga kalian harus selalu memperhatikan kesehatan tubuh pada saat hamil. Terutama orang yang menderita penyakit diabetes melitus tersebut.

Kenali informasi lain di :  http://tajcolorado.com/

Jika ibu hamil tidak menjaga kesehatan tubuh risiko yang akan terjadi akan sangat besar. Dan risiko tersebut tidak akan kita duga. Tidak lelah mengingatkan bagi penderita diabetes melitus tipe 1 maupun tipe 2, harus selalu menjaga gula agar tetap stabil. Jika tidak komplikasi-komplikasi yang akan datang menyebabkan penyeselan bagi kita sendiri. Dan akan amat disayangkan jiak itu terjadi.