Olahraga Saat Berpuasa, Kenapa Tidak?

Olahraga saat puasa

Olahraga Saat Berpuasa, Kenapa Tidak? Menjaga kebugaran tubuh ketika puasa memang sangat penting. Supaya tubuh tetap vit, tidak bisa hanya mengandalkan pola makan yang teratur dan nutrisi yang tepat. Apalagi saat berpuasa seperti saat ini, maka perlu aktivitas lain yang mampu menunjang kesehatan.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan ialah dengan rutin berolahraga. Meskipun sedang berpuasa, jangan menganggap kalau olahraga itu tidak penting. Padahal, olahraga dapat menolong kamu meningkatkan imunitas di dalam tubuh. Jika imun tubuh tetap stabil dan terjaga, maka kamu tidak akan mudah sakit. Sehingga, dengan ini puasa akan lancar dan tanpa hambatan.

Ada beberapa macam olahraga yang sangat cocok dilakukan di tengah kondisi berpuasa. Olahraga ini biasanya dilakukan selama 30 menit hingga 1 jam. Para dokter menganjurkan untuk melakukan olahraga pada menjelang waktu berbuka. Hal ini agar tenaga yang telah terkuras karena olahraga bisa cepat ter-recovery dengan baik. Lantas, apa saja jenis-jenis olahraga saat berpuasa? Tetap stay tune pada pembahasan di bawah ini:

Bowling

Olahraga ini lebih cocok disebut dengan permainan. Namun, manfaatnya tetap saja sama seperti olahraga, yakni menjaga kebugaran tubuh. Bowling menjadi olahraga yang tepat dilakukan saat berpuasa karen tidak terlalu menguras tenaga. Olahraga ini dapat melatih kekuatan otot karena termasuk ke dalam jeniss olahraga angkat beban. Kamu bisa melakukan bowling menjelang berpuka puasa.

Bersepeda

Jenis olahraga saat berpuasa yang kedua adalah bersepeda. Dengan bersepeda, maka kamu bisa menjaga tubuh agar tetap bugar. Selain melakukannya di pagi hari, bersepeda juga cocok dilakukan ketika sore hari sembari menikmati pemandangan senja di langit. Dengan ritme mengayuh pedal dengan santai, kamu tidak akan mudah lelah ketika melakukan olahraga yang seru ini.

Jogging

Jogging atau berlari dengan intensitas yang ringan dapat membantu kamu menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Kamu bisa melakukan olahraga ini selama 15 sampai 30 menit guna mencegah rasa haus saat berpuasa.

Berjalan

Banyak orang yang meremehkan kegiatan ini dan menganggap bahwa berjalan tidak pantas disebut sebagai olahraga. Hal ini karena berjalan tidak terlalu menguras tenaga dan jarang bisa mneghasilkan keringat. Namun, jika terbiasa melakukan jenis olahraga saat berpuasa ini, maka kebugaran tubuh dapat tetap terjaga.

Dengan berjalan selama kurang lebih 30 menit sebelum berbuka, maka aktivitas yang kamu lakukan sudah bisa disebut dengan olahraga. Dengan rutin berjalan, maka keseimbangan tubuh dapat selalu terjaga. Lalu, agar bisa sedikit berkeringat, kamu bisa berjalan dengan ritme yang cepat.

Berenang

Siapa bilang kalau berenang tidak bisa dilakukan ketika sedang berpuasa? Meskipun sedang menjalankan shaum, kamu tetap bisa melakukan jenis olahraga saat berpuasa yang satu ini. Asal, kamu tidak meminum air untuk berenang dengan sengaja, maka puasa kamu tidak akan batal.

Bisa dibilang kalauxx olahraga yang satu ini memang cukup menguras energi. Kamu hanya perlu melakukannya selama kurang dari 30 menit agar tidak mengalami dehidrasi. Dengan melakukan berenang, setidaknya kamu bisa membakar 360 sampai 420 kalori. Dengan begitu, berat badan kamu tetap dapat terjagaa meskipun disaat berpuasa.

Itulah penjelasan singkat terkait jenis olahraga saat berpuasa. Jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Sebab, dengan memiliki tubuh yang segar dan bugar maka kamu bisa melaksanakan puasa dengan lancar sampai hari kemenangan tiba. Semoga artikel ini berfaedah di bulan puasa ini.

Baca juga: http://rayasymanchas.com/olahraga-untuk-wanita/